Minggu, 26 Juli 2015

Pengantar Sej. Kebudayaan Islam

Memahami Dasar-dasar Sejarah Kebudayaan Islam

Memahami Dasar-dasar Sejarah Kebudayaan Islam

(Pengertian Sejarah Kebudayaan Islam)

 

A. Pengertian Sejarah :

  • Kata sejarah yang kita kenal dalam bahasa Indonesia kita sehari-hari ternyata bearasal dari kata dalam bahasa Arab, yakni “syajarah”. Kata tersebut secara harfiah berarti “riwayat” atau “kisah”, meskipun dalam tradisi bahasa Arab sendiri, kata sejarah yang kita kenal sering disebut dengan istilah “tarikh”, yang mengandung arti ketentuan masa atau waktu. Sebagaimana kata “syajarah” yang berari pohon, maka ia mengandung makna segala sesuatu yang berkaitan dengan pohon, sejak dari proses tumbuh hingga kepada segala sesuatu yang dihasilkannya, atau dengan kata lain catatan yang lengkap mengenai sesuatu (kejadian). Itulah sebabnya mengapa sebagian orang juga berpendapat bahwa kata sejarah dalam bahasa kita, sepadan dengan kata syajarah yang berarti pohon (kehidupan), dan kata sejarah diartikan sebagai kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi (fakta) di masa lampau.

B. Pengertian Kebudayaan :

  • Sedangkan kata “kebudayaan” dalam bahasa kita ternyata juga berasal dari kata dalam bahasa Sansakerta yaitu “buddhayah” yang merupakan bentuk jamak dari kata buddhi dan daya yang mendapat imbuhan awalan dan akhiran  “ke” dan “an” (kebudayaan). Budi mempunyai arti akal, kelakuan, dan norma, sedangkan “daya” berarti hasil karya cipta manusia, atau segala upaya untuk menghasilkan dan mengembangkan sessuatu agar menjadi lebih baik dan memberikan manfaat bagi hidup dan kehidupan.
  • Dengan demikian, kebudayaan tentulah akan bersangkut paut dengan semua hasil karya, karsa dan cipta manusia didalam masyarakat. Namunpun demikian, istilah "kebudayaan" terkadang dikaitkan juga dengan istilah "peradaban", perbedaannya adalah bahwa kebudayaan lebih banyak diwujudkan dalam bidang seni, sastra, religi dan moral, sedangkan peradaban lebih menekankan (diwujudkan) dalam bidang politik, ekonomi, dan teknologi.
  • Jika secara bahasa (“Aslama-Yuslimu-Islaman”), Islam berarti selamat, penyerahan, kepatuhan, atau ketundukan, atau yang menurut istilah berati agama yang di turunkan oleh Allah SWT untuk membimbing umat manusia menuju kebahagian di dunia dan akhirat,  dan apabila kedua kata tersebut (Sejarah dan Kebudayaan) diatas dikaitkan dengan Islam, maka Sejarah Kebudayaan Islam setidaknya dapat berarti sebagai “kajian (studi) tentang segala sesuatu yang di hasilkan oleh umat Islam untuk kemaslahatan hidup dan kehidupan manusia, melalui hasil karya, karsa dan cipta umat Islam yang didasarkan kepada nilai-nilai ajaran Islam”.

 

 

Kesimpulan :

Sejarah Kebudayaan Islam adalah suatu kajian (Studi) tentang kejadian atau peristiwa masa lampau yang berbentuk hasil karya, karsa dan cipta umat Islam yang didasarkan kepada sumber dan nilai-nilai Islam.

Share: